Komponen Sasis Sepeda Motor Dari Suku Cadang hingga Fungsi

Komponen ini terdiri dari beberapa bagian. Mulai dari transfer tenaga, suspensi, sistem rem, dan roda. Justru komponen yang satu ini memiliki peran penting pada kendaraan.

Untuk itu, pastikan Anda mengetahui apa saja komponen sasis lengkap dengan fungsinya. Berikut beberapa penjelasan tentang komponen sasis sepeda motor.

Sistem suspensi

Pada bagian pertama yaitu sistem suspensi tentu memiliki fungsi yang penting. Fungsi dari sistem ini adalah untuk mencegah getaran pada sepeda motor.

Baca Juga : Komponen Fuel Pump Motor, Mempengaruhi Kinerja Mesin Kendaraan

Sehingga saat kendaraan melewati jalan bergelombang, pengemudi akan tetap merasa nyaman. Komponen yang termasuk dalam sistem suspensi antara lain peredam kejut dengan pegas.

Selain itu, ada juga komponen yang disebut stabilizer bar, strut bar, dan banyak lainnya. Setiap komponen memiliki fungsinya masing-masing. Sistem suspensi merupakan salah satu komponen sasis sepeda motor.

Rem

Komponen kedua dari sasis sepeda motor adalah sistem rem. Komponen ini memiliki peran penting saat berkendara.

Bahkan sebagai sistem pengaman saat beraktivitas. Sistem rem cakram motor untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Bahkan bisa membuat kendaraan berhenti.

Baik pada kondisi jalan menanjak, turunan, bahkan jalan yang tidak rata. Karena fungsinya yang cukup penting, sebagai pemilik sepeda motor sebaiknya melakukan pengecekan secara berkala.

Leave a Comment