Letusan Bawah Air Terbesar di Dunia Menciptakan Gunung Berapi Raksasa

Bisnis.com, JAKARTA – Pada 2018, letusan bawah laut aktif terbesar yang pernah tercatat melahirkan “bayi” raksasa gunung berapi bawah laut seukuran gedung pencakar langit, sebuah studi baru menemukan.

Para ilmuwan menemukan gunung berapi setinggi 2.690 kaki (820 meter) di Samudra Hindia bagian barat, di lepas pantai Madagaskar, menyusul serentetan gempa bumi yang terjadi di dekat daerah yang biasanya tenang secara seismik. Setelah mengumpulkan data geologi, termasuk informasi dari survei bawah laut 2019 di wilayah tersebut, tim menyadari bahwa ada gunung berapi bawah laut baru sekitar 1,5 kali ketinggian One World Trade Center di New York. Terlebih lagi, “bayi” baru ini mengambil dari reservoir magma vulkanik terdalam yang diketahui para ilmuwan.

“Sumber magma, reservoir, sangat dalam” sekitar 34 mil (55 kilometer) di bawah tanah, kata ketua peneliti studi Nathalie Feuillet, seorang ahli geosains kelautan di Institut Fisika Bumi Universitas Paris (IPGP), kepada Live Science.

“Ini adalah pertama kalinya dalam vulkanologi bahwa kita dapat melihat reservoir begitu dalam di dasar litosfer,” kulit terluar bumi yang mencakup mantel atas dan kerak.

Antara Mei 2018 dan Mei 2021, lebih dari 11.000 gempa terdeteksi mengguncang Mayotte, sebuah pulau kecil dan wilayah Prancis antara Madagaskar dan Mozambik.

Gempa paling kuat adalah berkekuatan 5,9, tetapi ada juga dengungan seismik yang aneh, atau gempa berfrekuensi sangat rendah, yang berasal jauh di bawah tanah; mereka tidak dapat dirasakan di permukaan tetapi ditangkap oleh seismometer di seluruh dunia. Gempa berfrekuensi sangat rendah ini terkait dengan aktivitas gunung berapi.

Leave a Comment