PANJALU, Inovasi Pemanfaatan Bentonit Turunkan Emisi Karbon Limbah Cair

JakartaPANJALU (Pemasangan Pipa Penyerap Tanah Liat): Inovatif Pemanfaatan Serbuk Tanah Liat Aktif (Bentonit) Sebagai Penyerap Bau, Warna, Tingkat Keasaman (Ph), Kandungan Karbon (C), Merkuri (Hg) Dan Jumlah Bakteri Pada Limbah Cair Industri Kertas Mewujudkan Pengurangan Emisi Karbon Kawasan Perkotaan

Kemajuan teknologi dapat mengubah segalanya di dunia ini. Padahal, saat ini teknologi telah menjadi tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Jika teknologi suatu negara berkembang, maka kapasitas sumber daya manusia negara tersebut juga akan berkembang.

Perkembangan industri dari hari ke hari semakin digalakkan. Salah satu bukti peningkatannya adalah semakin banyaknya industri yang didirikan di negara kita, baik milik investor dalam negeri maupun investor asing.

Perkembangan industri selama ini tidak begitu mencolok seperti air yang mengalir, pelan tapi pasti. Sehingga tidak ada rasa kepuasan di benak para pengusaha, karena hasil yang mereka dapatkan datang secara bertahap. Kesuksesan sebuah industri memang sangat menggiurkan bagi kita, terkadang kita tidak menyadari bahwa ada sisi lain yang perlu kita waspadai yaitu mengenai limbah dari produksi, karena setiap proses produksi selalu menghasilkan limbah.

Kertas adalah bahan tipis dan rata, yang dihasilkan oleh kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan biasanya alami, dan mengandung selulosa dan hemiselulosa. Pabrik kertas menghasilkan limbah cair yang mengandung logam berat tipe Hg dan non logam tipe C.

Leave a Comment