PANJALU, Inovasi Pemanfaatan Bentonit Turunkan Emisi Karbon Limbah Cair

Kemungkinan Tanah Liat sebagai Penyerap

Sifat lempung lengket saat terkena air dan menggumpal saat kering. Hal ini umumnya menimbulkan keresahan pada masyarakat yang tinggal di daerah yang tanahnya lempung.

Oleh karena itu, tanah liat digunakan sebagai bahan untuk membuat bahan bangunan, dengan cara aktivasi. Tanah liat membentuk gumpalan keras ketika kering dan lengket ketika basah dengan air. Sifat ini ditentukan oleh jenis mineral lempung yang mendominasinya.

Mineral lempung diklasifikasikan menurut komposisi lapisan silikon dan aluminium oksida yang membentuk kristalnya. Kelompok 1:1 memiliki lapisan satu silikon oksida dan satu aluminium oksida, sedangkan kelompok 2:1 memiliki dua lapisan kelompok silikon oksida yang diapit di antara satu lapisan aluminium oksida. Mineral lempung golongan 2:1 memiliki sifat elastis yang kuat, menyusut saat kering dan mengembang saat basah. Karena perilaku inilah beberapa jenis tanah dapat membentuk kerutan atau ‘retak’ saat kering.

Pencemaran air adalah penyimpangan sifat-sifat air dari keadaan normalnya, bukan dari kemurniannya. Air yang bertebaran di alam semesta tidak pernah ada dalam bentuk murni, tetapi bukan berarti semua air telah tercemar. Adanya benda asing yang menyebabkan air tidak dapat digunakan sesuai peruntukannya disebut pencemaran air.

Karena kebutuhan makhluk hidup akan air sangat bervariasi, batas pencemaran untuk berbagai jenis air juga berbeda. Misalnya, air sungai di pegunungan yang belum tercemar tidak dapat langsung digunakan sebagai air minum karena tidak memenuhi syarat untuk dikategorikan sebagai air minum (Philip Kristanto, 2004: 72-73).

Leave a Comment