Peneliti Inti Bumi Menduga Itu Sebenarnya Halaman Lunak

KOMPAS.com – Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ada “dunia baru” di inti bumi. Para peneliti telah menemukan bahwa inti dalam bumi, yang diyakini padat, sebenarnya agak lunak.

Selama lebih dari setengah abad, komunitas ilmiah telah menduga bahwa inti dalam bumi adalah bola padat dari massa besi terkompresi yang dikelilingi oleh inti luar cair.

Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan 20 September lalu di jurnal Fisika Bumi dan Interior Planet menunjukkan bahwa kekakuan bola planet berkisar dari logam keras, semi-lunak, hingga cair.


“Semakin kita melihatnya, semakin kita menyadari bahwa itu bukan gumpalan besi yang menjemukan,” kata Jessica Irving, seismolog di University of Bristol, yang tidak terlibat dalam penelitian ini. Ilmu Langsung, Rabu (27/10/2021).

“Kami menemukan dunia baru yang tersembunyi,” lanjutnya.

Baca juga: Misteri Miringnya Inti Bumi dan Berkurangnya Panas Planet di Bawah Indonesia

Dapatkan informasi, inspirasi dan wawasan di dalam surel Anda.
Daftar surel

Namun, dalam beberapa hal inti bumi masih misterius, seperti dalam tulisan Jules Verne, Perjalanan ke pusat Bumi diterbitkan pada tahun 1864.

Meskipun para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa planet Bumi tidak berongga seperti yang diprediksi Verne, interior planet ini tetap belum dijelajahi.

Ini karena panas dan tekanan yang terlalu besar untuk alat buatan manusia untuk menjelajah ke sana, membuat penelitian ini sulit.

Leave a Comment