Perbedaan Larutan Koloid dan Suspensi Baca Selengkapnya

Perbedaan antara larutan koloid dan suspensi tidak terlalu terlihat. Namun, keduanya memiliki komponen yang berbeda.

Dalam kehidupan nyata, solusi semacam itu memiliki banyak kegunaan bahkan dalam praktiknya. Jadi ketika kita melihatnya, itu terlihat sama.

Nah, pada materi kali ini kami akan membahasnya secara tuntas khusus untuk Anda. Nah, jika penasaran dengan pembahasan yang satu ini, langsung saja simak ulasan berikut ini secara lengkap dan tepat.

Baca Juga: Contoh Larutan Penyangga, Definisi dan Penerapan dalam Kehidupan

Memahami Perbedaan antara Larutan Koloid dan Suspensi

Pertama, kita akan membahas tentang solusinya terlebih dahulu. Karena sistem ini merupakan dispersi dengan partikel yang sangat kecil.

Dalam hal ini, larutan berada dalam fase homogen. Jadi tidak mudah bagi kita untuk membedakan antara dispersi dan partikel pendispersi.

Bahkan saking kecilnya ukuran zat terlarut kurang dari satu nm. Satu nm adalah sepuluh sampai sembilan m. Oleh karena itu, solusi seperti itu stabil dan tidak dapat dipisahkan. Misalnya dalam larutan spiritus, udara bersih, air garam, bensin, gula, garam bahkan cuka.

Lalu apa itu koloid?

Untuk selanjutnya kita akan membahas sistem yang satu ini. Sistem ini merupakan campuran homogen dari dua atau lebih zat.

Termasuk dalam kategori fase terdispersi yang dapat menyebar secara merata ke zat lain. Ukuran partikelnya bahkan mencapai satu sampai seratus nm, cukup besar bukan?

Leave a Comment