Teleskop Luar Angkasa Webb NASA yang baru senilai $10 miliar akan mengungkapkan lubang hitam supermasif di jantung Bima Sakti

Teleskop Luar Angkasa James Webb milik NASA. Sumber: Lab Gambar Konseptual Pusat Penerbangan Antariksa Goddard NASA

Webb akan menghadapi tantangan suar misterius dari lubang hitam supermasif yang telah terbukti menarik dan membuat frustrasi para astronom.

Pada tahun pertama operasi NASA‘S Teleskop Luar Angkasa James Webb akan bermitra dengan kolaborasi global untuk menciptakan citra lingkungan yang langsung mengelilingi supermasif lubang hitam di hati kita Bima Sakti Galaksi. Event Horizon Telescope (EHT) terkenal dengan rekaman pertama “bayangan” lubang hitam di inti galaksi M87 dan sekarang didedikasikan untuk lingkungan Sagitarius A* yang lebih kompleks, Bima Sakti supermasif. lubang hitam. Sementara inti M87 adalah target tetap, Sagitarius A* menampilkan kedipan misterius setiap jam yang membuat proses pencitraan jauh lebih sulit. Webb akan membantu dengan citra inframerahnya sendiri dari wilayah lubang hitam dan memberikan data kapan suar itu muncul, yang akan menjadi referensi berharga bagi tim EHT.

Tampilan multi-panjang gelombang Sagitarius A*

Pusaran gas panas raksasa bersinar dengan cahaya inframerah dan menandai perkiraan lokasi lubang hitam supermasif di jantung Bima Sakti kita. Gambar komposit multi-panjang gelombang ini berisi cahaya inframerah-dekat yang ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA dan merupakan gambar inframerah paling tajam yang pernah ditangkap dari wilayah pusat galaksi ketika dirilis pada tahun 2009 A*, sebuah upaya yang bekerja dengan acara tersebut memiliki Teleskop Horizon. (EHT) menyulitkan untuk mendapatkan gambar yang lebih akurat dan detail. Sementara lubang hitam itu sendiri tidak memancarkan cahaya sehingga tidak dapat dideteksi oleh teleskop, tim EHT berusaha menangkapnya dengan memberikan gambaran yang jelas tentang gas panas dan debu yang langsung mengelilinginya. Kredit foto: NASA, ESA, SSC, CXC, STScI

Di puncak gunung terpencil di seluruh dunia, para ilmuwan sedang menunggu berita bahwa malam ini adalah malam: koordinasi kompleks dari selusin teleskop di darat dan di luar angkasa selesai, cuaca cerah, masalah teknis telah dipecahkan – bintang-bintang metaforis sejajar . Saatnya untuk melihat lubang hitam supermasif di jantung galaksi Bima Sakti kita.

Leave a Comment